SYARAT DAN KETENTUAN UMUM DANAKINI

Halaman ini memuat perihal ketentuan-ketentuan, syarat-syarat, dalam penggunaan situs dan Layanan Kami oleh Anda (“Syarat dan Ketentuan Umum”). Syarat dan Ketentuan Umum ini wajib dibaca dan dicermati sebelum menggunakan Layanan Kami. Selain Syarat dan Ketentuan Umum ini, semua bentuk penggunaan Situs www.danakini.co.id dan/atau Aplikasi Danakini harus mematuhi Perjanjian yang ada ketika menggunakan Layanan Kami. Disarankan untuk mencetak Syarat dan Ketentuan Umum ini untuk referensi di masa yang akan datang.

  1. TENTANG KAMI
  2. Danakini adalah Layanan yang dimiliki oleh PT. Dana Kini Indonesia (“Danakini”), perusahaan penyelenggara layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi yang telah memperoleh izin usaha dari OJK (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) berdasarkan Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK No. KEP-46/D.05/2020, tanggal 16 Oktober 2020, yang didirikan dan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia, berkedudukan di Jakarta Barat. Segala bentuk penggunaan sebagian ataupun seluruhnya dari Syarat dan Ketentuan Umum ini oleh pihak ketiga tidak diperbolehkan, kecuali disetujui secara tertulis oleh Kami dan diperbolehkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan mengakses dan/atau menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini dan Layanan Kami, Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca, mengerti, memahami, dan setuju untuk tunduk, patuh, serta mengikatkan diri secara hukum terhadap Syarat dan Ketentuan Umum ini dan dokumen-dokumen lain sebagaimana dimaksudkan di dalamnya. Apabila anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan Umum ini, Anda dapat berhenti menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami.

  3. DEFINISI
  4. Kecuali konteksnya menentukan lain, yang dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan adalah sebagai berikut:

    1. “Anda” dengan variasi tata bahasa dan/atau ungkapan lain yang serumpun adalah Penerima Dana, Pemberi Dana atau orang lain yang menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini dan/atau Layanan Danakini.
    2. “Kami” dengan variasi tata bahasa dan/atau ungkapan yang serumpun, merujuk pada Danakini beserta kuasa yang sah dari Danakini
    3. “Data Pribadi” adalah informasi atau data yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung atau tidak langsung seorang individu atau kelompok yang merupakan perseorangan dan/atau badan.
    4. “Data Kredit” adalah informasi atau data yang berkaitan dengan status kredit Anda.
    5. “Layanan” adalah fasilitas pendanaan yang disediakan oleh Kami pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini untuk mempertemukan Anda.
    6. “Konten” adalah memiliki arti semua konten pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini dan/atau Layanan kami, sebagian maupun seluruhnya, termasuk tapi tidak terbatas pada desain, teks, gambar, gambar grafis, foto, citra, video, perangkat lunak, suara, musik, peringkat kredit, tarif, biaya, kuotasi, data, grafik, statistik, artikel, informasi, dan file atau muatan lain yang terdapat pada Situs www.danakini.co.id dan/atau Aplikasi Danakini dan/atau Layanan Danakini.
    7. “Pemberi Dana” adalah orang, badan hukum, dan/atau badan usaha yang mempunyai piutang karena perjanjian Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.
    8. “Penerima Dana” adalah orang, dan/atau badan hukum yang mempunyai utang karena perjanjian Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.
    9. “Pendanaan” adalah Pemberian pendanaan dan/atau dana oleh Pemberi Dana kepada Penerima Dana yang keseluruhan prosesnya akan diatur dalam Perjanjian.
    10. “Pengguna” adalah siapa pun yang mengakses dan/atau menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini dan/atau Layanan Danakini.
    11. “Perjanjian” merupakan keseluruhan dokumen yang terdiri dari :
      1. Syarat dan Ketentuan Umum;
      2. Perjanjian Pendanaan; dan/atau
      3. Perjanjian lainnya antara Kami dengan Anda (apabila ada).
    12. “Perjanjian Pendanaan” adalah Perjanjian Pendanaan antara Pemberi Dana yang diwakili oleh Kami dan Penerima Dana dimana Penerima Dana sepakat untuk meminjam dan Pemberi Dana sepakat untuk memberi pendanaan dan Kami berperan sebagai perantara.
    13. “Situs Web” mengacu pada website www.danakini.co.id, termasuk semua domain dan sub- domainnya.
    14. “Aplikasi Danakini” adalah aplikasi mobile milik Danakini yang ada di Playstore dan/atau Appstore , berikut segala perubahan atau pembaharuannya dikemudian hari, termasuk semua sub-domain yang terdapat di dalamnya, yang dikelola oleh Danakini.
    15. “Produk” artinya produk yang tersedia untuk ditawarkan pada Situs Web dan Aplikasi Danakini.
    16. “Limit Pendanaan” adalah atas maksimum Pendanaan yang Kami berikan kepada Penerima Dana.
    17. “Barang-Barang Konsumtif” adalah barang-barang yang dibeli oleh Penerima Dana dan digunakan untuk kebutuhan pribadi Penerima Dana.
    18. “Barang-Barang Produktif” adalah barang-barang yang dibeli oleh Penerima Dana dan digunakan untuk mendukung kegiatan usaha Penerima Dana.

  5. KETENTUAN UMUM
  6. Judul yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini hanya untuk penjelasan dan sebagai referensi Anda saja dan tidak mempengaruhi penafsiran, atau menjadi bahan pertimbangan dalam interpretasi Syarat dan Ketentuan Umum ini.

  7. PERSETUJUAN
    1. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:
      1. Telah membaca dan memahami setiap informasi yang termuat dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini;
      2. Anda telah sesuai, melengkapi serta memenuhi syarat dan kriteria sebagai Pengguna Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini yang telah Kami tetapkan dari waktu ke waktu;
      3. Semua informasi yang Anda berikan kepada Kami (termasuk tetapi tidak terbatas pada informasi data pribadi dan kontak) adalah akurat dan lengkap;
      4. Anda bersedia untuk menerima setiap informasi Danakini dan Produk Danakini seperti Informasi produk dan/atau promo yang berlaku di Danakini;
      5. Anda akan menggunakan dan/atau mengakses Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Konten, Produk, Situs Pihak Ketiga dan Konten Pihak Ketiga hanya untuk tujuan yang sah.
    2. Tidak ada materi yang disampaikan, diposting, atau dibagikan oleh Anda yang melanggar dan/atau menyalahi hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas, atau hak kepemilikan atau pribadi lainnya yang dimiliki pihak ketiga manapun. Atau yang mengandung fitnah, pencemaran nama baik, atau materi yang melanggar hukum.
    3. Kami dapat dari waktu ke waktu memodifikasikan atau mengubah Syarat dan Ketentuan Umum ini dengan memposting perubahan Syarat dan Ketentuan Umum pada situs ini. Setiap penggunaan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini ataupun Layanan Kami setelah perubahan Syarat dan Ketentuan Umum ini akan dianggap sebagai penerimaan atas perubahan Syarat dan Ketentuan Umum oleh Anda. Jika Anda tidak setuju pada perubahan Syarat dan Ketentuan Umum, Anda memiliki hak untuk menutup akun dan/atau berhenti menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini ataupun Layanan. Periksa halaman ini dari waktu ke waktu karena perubahan, variasi dan koreksi terhadap Syarat dan Ketentuan Umum akan mengikat Anda.
  8. PRODUK DAN LAYANAN
  9. Dalam Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Kami menyediakan Produk berupa:

    1. kiniBayar
      1. KiniBayar merupakan Pendanaan yang Kami berikan kepada Anda yang telah memiliki limit pendanaan untuk pembelian barang-barang konsumtif dan/atau produktif di jaringan toko-toko yang terafiliasi dengan Kawan Lama Group di seluruh Indonesia atau melalui toko online Rupa-Rupa.
      2. Anda dapat mengajukan Limit Pendanaan melalui Aplikasi Danakini dengan cara melampirkan KTP dan 1 (satu) dokumen pendukung lainnya seperti namun tidak terbatas pada NPWP, SIM, Kartu Keluarga, Kartu BPJS serta mengisi seluruh data diri di dalam Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini.
      3. Seluruh pembayaran Angsuran atas Pendanaan Anda dilakukan melalui rekening Virtual Account yang tercantum dalam Perjanjian Pendanaan dan/atau Aplikasi Danakini.
    2. kiniCintaku
      1. kiniCintaku merupakan Pendanaan yang Kami berikan kepada Anda untuk pembelian barang-barang konsumtif dan/atau produktif di jaringan toko-toko yang terafiliasi dengan Kawan Lama Group di seluruh Indonesia
      2. Anda dapat mengajukan penggunaan produk kiniCintaku melalui Aplikasi Danakini dengan melampirkan KTP dan 1 (satu) dokumen pendukung lainnya seperti namun tidak terbatas pada NPWP, SIM, Kartu Keluarga, Kartu BPJS serta mengisi seluruh data diri di dalam Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini.
      3. Seluruh pembayaran Angsuran atas Pendanaan Anda dilakukan melalui rekening Virtual Account yang tercantum dalam Perjanjian Pendanaan dan/atau Aplikasi Danakini.
    3. kiniFlexi
      1. kiniFlexi merupakan Pendanaan dana tunai yang Kami berikan kepada Anda yang merupakan Karyawan dari perusahaan-perusahaan Partner yang telah bekerja sama dengan Kami.
      2. Anda dapat mengajukan penggunaan produk kiniFlexi melalui Aplikasi Danakini dengan melampirkan KTP dan 1 (satu) dokumen pendukung lainnya seperti namun tidak terbatas pada NPWP, SIM, Kartu Keluarga, Kartu BPJS serta mengisi seluruh data diri di dalam Aplikasi Danakini.
      3. Pengajuan Pendanaan ini dapat Anda lakukan setiap hari melalui Aplikasi Danakini.
      4. Pembayaran pendanaan ini dilakukan secara bertahap dengan cara memotong gaji dan/atau upah Anda (payroll) setiap bulannya pada tanggal penggajian sebesar nilai Angsuran Anda yang tertera pada Aplikasi Danakini.
    4. kiniGajian
      1. kiniGajian merupakan Pendanaan dana tunai yang Kami berikan kepada Anda yang merupakan Karyawan dari perusahaan-perusahaan Partner yang telah bekerja sama dengan Kami.
      2. Anda dapat mengajukan penggunaan produk kiniCintaku melalui Aplikasi Danakini dengan melampirkan KTP dan 1 (satu) dokumen pendukung lainnya seperti namun tidak terbatas pada NPWP, SIM, Kartu Keluarga, Kartu BPJS serta mengisi seluruh data diri di dalam Aplikasi Danakini.
      3. Pengajuan Pendanaan ini dapat Anda lakukan melalui Aplikasi Danakini pada tanggal-tanggal tertentu yang akan diinformasikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.
      4. Pembayaran pendanaan ini dilakukan secara penuh (bullet payment) dengan cara memotong gaji dan/atau upah Anda (payroll) pada tanggal penggajian sebesar total pendanaan Anda yang tertera pada Aplikasi Danakini.
    5. kiniUsaha PRO
      1. kiniUsaha PRO merupakan Pendanaan yang Kami berikan kepada Anda yang merupakan perorangan dan/atau perseroan untuk pembelian barang-barang produktif di jaringan toko-toko yang terafiliasi dengan Kawan Lama Group di seluruh Indonesia.
      2. Anda dapat mengajukan Pendanaan melalui Situs Web dengan melampirkan dokumen legalitas, sebagai berikut:
        • Apabila Anda adalah perorangan, maka Anda wajib melampirkan KTP, NPWP, Akta Nikah, Fotocopy Buku Tabungan, Surat Keterangan Usaha dan/atau Domisili Usaha.
        • Apabila Anda adalah Perseroan, maka Anda wajib melampirkan Akta Pendirian dan SK Kemenkumham Pengesahan Akta Pendirian, Akta Perubahan dan SK Kemenkumham Pengesahan Akta Perubahan, Nomor Induk Berusaha (NIB), NPWP Perusahaan, KTP & NPWP Direktur yang bertanda tangan, Halaman depan rekening Perseroan.
      3. Pembayaran Pendanaan ini dilakukan melalui Post Dated Cheque / Giro Bank
    6. kiniUsaha PO
      1. kiniUsaha PO merupakan Pendanaan yang Kami berikan kepada Anda untuk mendukung kegiatan usaha Anda dengan jaminan Purchase Order dan/atau Invoice.
      2. Anda dapat mengajukan Pendanaan melalui Situs Web dengan melampirkan dokumen legalitas yaitu:
        • Apabila Anda adalah perorangan, maka Anda wajib melampirkan KTP, NPWP, Akta Nikah, Fotocopy Buku Tabungan, Surat Keterangan Usaha dan/atau Domisili Usaha.
        • Apabila Anda adalah Perseroan, maka Anda wajib melampirkan Akta Pendirian dan SK Kemenkumham Pengesahan Akta Pendirian, Akta Perubahan dan SK Kemenkumham Pengesahan Akta Perubahan, Nomor Induk Berusaha (NIB), NPWP Perusahaan, KTP & NPWP Direktur yang bertanda tangan, Halaman depan rekening Perseroan.
      3. Pembayaran Pendanaan ini dilakukan melalui Surat Perintah Membayar dan/atau Virtual Account yang tercantum dalam Perjanjian Pendanaan.

    Dalam menyediakan Layanan, kami menegaskan sebagai berikut:

    1. Produk yang disediakan dalam Layanan Kami memiliki tenor waktu dan bunga sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kami yang dapat diakses pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini.
    2. Dalam memberikan Layanan, Kami berpedoman pada seluruh Perjanjian, Peraturan Perundang-undangan, hingga Peraturan Tertentu oleh Instansi berwenang terkait.
    3. Kami tidak menjamin bahwa Penerima Dana akan mengembalikan pendanaan kepada Pemberi Dana sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian Pendanaan.
    4. Sebagai penyelenggara layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi, Kami diatur dan diawasi oleh pemerintah melalui OJK sesuai Peraturan OJK nomor 10 tahun 2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu).
    5. Sesuai dengan ketentuan OJK, Kami bertugas sebagai perantara administratif antara Pemberi Dana dan Penerima Dana. Dengan demikian, risiko kredit atau risiko gagal bayar Penerima Dana berada sepenuhnya di pihak Pemberi Dana. Apabila Pemberi Dana menggunakan pertanggungan penjaminan pendanaan, maka syarat dan ketentuannya akan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di penjaminan pendanaan Anda.
    6. Atas permintaan Penerima Dana kepada Pemberi Dana melalui Kami, maka Kami dapat meminta persetujuan kepada Pemberi Dana untuk melakukan restrukturisasi atas pendanaan yang diberikan oleh Pemberi Dana.
    7. Kami tidak memberikan segala bentuk saran pendanaan atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini.
    8. Isi, informasi dan materi yang kami berikan dalam Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini hanya dimaksudkan untuk memberikan informasi dan tidak dapat dianggap sebagai sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran atau rekomendasi untuk membeli atau menjual pendanaan, sekuritas atau produk pasar modal atau jasa keuangan lainnya.
    9. Kami hanya memberikan Layanan berupa fungsi administratif saja dan tidak dapat dianggap sebagai namun tidak terbatas pada konsultan investasi atau manajer investasi dan Kami tidak akan memberikan saran serta memiliki kewajiban lainnya untuk Layanan selain dari yang ditegaskan di Syarat dan Ketentuan Umum, Kebijakan Privasi dan Perjanjian Pendanaan.
    10. Baik perusahaan Kami atau setiap Direktur, pegawai, karyawan, wakil, afiliasi-afiliasi atau agen-agennya tidak memiliki tanggung jawab terkait setiap gangguan atau masalah yang terjadi atau dianggap terjadi, yang disebabkan atau karena kekurangan dari persiapan atau publikasi dari materi dan informasi yang tercantum dalam Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini.

  10. PERSYARATAN UMUR
  11. Untuk dapat menggunakan Layanan, Situs Web dan Aplikasi Danakini Kami, Anda harus berusia lebih dari 21 tahun dan tidak berada di bawah pengampuan. Apabila usia Anda di bawah 21 tahun atau berada di bawah pengampuan, Anda dapat menggunakan Layanan Kami, Situs Web dan Aplikasi Danakini hanya dengan keterlibatan orang tua atau wali. Anda harus mendapat persetujuan dari orang tua atau wali hukum Anda, persetujuan mereka terhadap Syarat dan Ketentuan Umum ini dan persetujuan mereka untuk bertanggung jawab terhadap: (i) tindakan Anda; (ii) semua biaya berkaitan dengan penggunaan Layanan apapun atau pembelian Produk; dan (iii) persetujuan penuh Anda terhadap Syarat dan Ketentuan Umum ini. Apabila Anda tidak mendapat persetujuan dari orang tua atau wali Anda, Anda harus berhenti menggunakan/mengakses Layanan Kami, Situs Web dan Aplikasi Danakini ini.

  12. ETIKA OPERASIONAL DAN PERILAKU ONLINE
  13. Anda dengan ini menyanggupi untuk:

    1. Patuh dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Umum ini.
    2. Tidak menggunakan setiap Layanan atau Konten untuk tujuan yang melanggar hukum, dan hanya untuk tujuan yang terkait dengan Layanan Kami.
    3. Melaporkan kepada Kami apabila terdapat perubahan terhadap Data Pribadi Anda termasuk akan tetapi tidak terbatas pada Nomor Telepon Selular, Alamat Surel, Alamat Kediaman, yang sebelumnya telah Anda masukkan saat registrasi pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini.
    4. Tidak akan melakukan, mengunduh, memposting data atau materi apapun yang merupakan perbuatan kejahatan internet atau kejahatan computer, komputer termasuk namun tidak terbatas pada akses tidak sah, konten ilegal, spionase siber, sabotase, pemerasan, peretasan, perengkahan, terorisme, terorisme siber atau tindak pidana lainnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku pada Layanan Kami, Situs Web dan Aplikasi Danakini.
    5. Kecuali jika diijinkan oleh Kami, tidak menggunakan skrip otomatis, terlibat dalam praktek pengkopian data situs maupun pengkopian basis data, atau aktivitas lain dengan tujuan untuk mendapatkan persetujuan atau informasi lain dari Layanan Kami, Situs Web dan Aplikasi Danakini maupun Konten untuk tujuan lain.
    6. Memperlakukan sebagai rahasia setiap kode identifikasi pengguna, password atau kata sandi, verifikasi surel, dan penggunaan kode OTP (one-time password) atau kode verifikasi atau bagian lain dari informasi sebagai bagian dari prosedur pengamanan Kami.
    7. Tidak mengintimidasi, melecehkan, berupaya menimbulkan kerugian atau membahayakan terhadap Pengguna atau pihak lain atau setidak-tidaknya mencoba melakukannya dengan cara apapun.
    8. Tidak memposting, mengirimkan, konten apapun yang sepatutnya dianggap berbahaya, mengancam, memfitnah, melanggar hukum, menghina, menghasut, melecehkan, vulgar, cabul, mengandung penipuan, penyerangan privasi, kebencian, SARA, atau kandungan konten lain yang dilarang oleh hukum.
    9. Tidak memposting informasi pribadi milik pihak ketiga.
    10. Tidak memproduksi, menduplikasi, menyalin atau menjual kembali bagian manapun dari Situs, Aplikasi, Konten, dan Layanan kami bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan Umum ini.
    11. Kami berhak untuk menonaktifkan akun Anda, setiap kode identifikasi pengguna atau kata sandi, apakah yang dipilih oleh Anda atau diberikan oleh kami, setiap saat, apabila Anda gagal untuk mematuhi isi dari Syarat dan Ketentuan Umum ini.
  14. HUBUNGAN KAMI DENGAN ANDA
    1. Dalam kaitannya dengan pemberian Layanan, Kami ialah sebatas sebagai pihak yang menyediakan Layanan, memfasilitasi, menjadi perantara, dan sebagai pihak yang mempertemukan anda dengan pihak lainnya untuk melakukan Pendanaan Uang Berbasis Teknologi Informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul terkait dengan perikatan pendanaan uang berbasis teknologi informasi tersebut.
    2. Tidak ada Ketentuan dalam Perjanjian ini akan membuat atau dianggap menciptakan hubungan kemitraan, keagenan, atau hubungan serupa dengan Perjanjian Kerja apapun.
  15. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
    1. Hak cipta, paten, merek dagang, desain terdaftar dan semua hak atas kekayaan intelektual pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Layanan dan Konten, termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta dalam gabungan dari semua Konten adalah milik dan tetap merupakan hak Kami.
    2. Danakini, gambar grafis, logo, desain, header halaman, ikon, tulisan dan nama layanan milik Kami (secara kolektif disebut “Merek”) yang ditampilkan pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini adalah aset dari Kami dan semua Merek yang secara tegas dilindungi oleh Kami atau pihak ketiga yang relevan. Akses Anda pada dan/atau penggunaan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Konten dan Layanan tidak dapat dianggap sebagai pemberian setiap lisensi atau hak untuk menggunakan merek dagang apapun yang ada pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami atau para pihak ketiga yang relevan.
    3. Anda tidak diizinkan untuk menggunakan Merek apapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Kami. Kami secara agresif menggunakan hak kekayaan intelektual kami sepanjang diizinkan oleh hukum sepenuhnya. Nama Danakini dan Merek lain tidak dapat digunakan dengan cara apapun, termasuk dalam setiap iklan atau publisitas, atau sebagai hyperlink tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari Kami.
    4. Nama domain di mana Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini berada adalah milik mutlak Kami dan Anda tidak dapat menggunakan atau mengadopsi nama serupa untuk penggunaan Anda sendiri.
    5. Dengan ketentuan bahwa Anda berhak menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Anda diberikan lisensi terbatas untuk mengakses dan menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini dan untuk mengunduh atau mencetak salinan dari bagian manapun dari Konten semata-mata untuk penggunaan Anda pribadi sehubungan dengan penggunaan Anda atas Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Konten atau Layanan, dengan ketentuan bahwa Anda memelihara semua hak cipta atau pemberitahuan kepemilikan lengkap lainnya. Status kami (dan bahwa dari setiap kontributor yang diidentifikasi) sebagai penulis konten pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini harus selalu diakui. Namun, Anda tidak harus mengubah salinan kertas atau digital dari setiap materi yang Anda telah cetak atau unduh dengan cara apapun, dan Anda tidak harus menggunakan setiap ilustrasi, foto, video atau audio secara berurutan atau gambar grafis secara terpisah dari teks apapun yang menyertainya.
    6. Lisensi ini dapat kami batalkan, setiap saat tanpa pemberitahuan atau alasan. Setiap penggunaan Situs Web atau Konten tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari Kami, selain yang secara khusus diberikan wewenang dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, sangat dilarang dan lisensi yang diberikan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini harus diakhiri. Penggunaan tidak sah tersebut juga dapat melanggar hukum yang berlaku termasuk tetapi tidak terbatas, undang-undang hak cipta dan merek, dan dapat mengakibatkan diajukannya tuntutan hukum terhadap Anda.
    7. Jika Anda menggunakan Merek, Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Konten dan Layanan dengan melanggar Syarat dan Ketentuan Umum ini, hak Anda untuk menggunakan Merek kami, Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Konten dan Layanan akan dihentikan segera dan Anda harus, menurut kebijaksanaan kami, mengembalikan atau memusnahkan setiap salinan materi yang Anda telah buat.
  16. KEBIJAKAN PRIVASI
    1. Anda diwajibkan untuk membaca Kebijakan Privasi kami dalam menggunakan Layanan Kami yang menjelaskan penggunaan data dan kebijakan penerapan privasi Kami secara seksama. Harap Anda tidak mengirimkan setiap Data Pribadi atau data tanpa membaca terlebih dahulu Kebijakan Privasi Kami. Kebijakan Privasi Kami merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan Umum ini.
    2. Dalam penggunaan, pemberian, pelaksanaan, penerapan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami, Kami berkomitmen untuk menjaga Data Pribadi dan Data Kredit milik Anda maupun pihak lain yang relevan.
    3. Kami dan Anda wajib untuk saling menjaga kerahasiaan informasi dan data dalam proses Pendanaan meskipun transaksi Pendanaan ini sudah berakhir.
    4. Anda menjamin bahwa informasi, data, baik pribadi maupun tentang pihak lainnya yang relevan adalah benar, lengkap, tepat dan akurat. Anda wajib melakukan pembaharuan terhadap infromasi dan data tersebut apabila terdapat perubahan.
    5. Kami dapat dan berhak memperoleh Data Pribadi dan Data Kredit Anda dan pihak lainnya yang relevan dengan cara langsung dari Anda secara pribadi, kuasa, wakil, wali, maupun melalui media atau perantara lain yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
    6. Data Pribadi yang dapat diakses atau diperoleh oleh umum tidak memerlukan izin dan persetujuan dari Anda selama sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
    7. Kami hanya menggunakan Data Pribadi dan Data Kredit Anda maupun pihak lain yang relevan dengan tujuan untuk sebagaimana ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan Umum maupun dalam Perjanjian.
    8. Kami tidak berhak untuk mengolah, memberikan, menyerahkan, Data Pribadi dan Data Kredit Anda maupun pihak lain yang relevan kepada pihak ketiga di luar dari tujuan yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan Umum maupun Perjanjian atau guna mendukung proses layanan Pendanaan, kecuali dimintakan atau dipersyaratkan oleh Instansi, Otoritas atau Lembaga yang berwenang menurut ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, Perjanjian-Perjanjian terkait, dan peraturan perundang-undangan.
    9. Kegiatan pengelolaan, penyimpanan, pengamanan, dan penggunaan Data Pribadi antara Anda dengan Kami berlandaskan itikad baik dan prinsip kepercayaan.
  17. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
    1. Penggunaan Data Pribadi dan Data Kredit ialah untuk mendukung, menunjang, menyertai, menerangkan, menjelaskan, dan atau tujuan lain selama berkaitan dengan pemberian layanan Pendanaan.
    2. Kami berhak untuk menggunakan Data Pribadi dan Data Kredit Anda untuk kepentingan informasi kreditur dengan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (“LPIP”) terkait.
  18. VIRUS DAN PENYALAHGUNAAN
    1. Kami tidak memberikan jaminan berupa apapun bahwa Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami terbebas dari segala bentuk virus atau kerusakan. Anda bertanggung jawab secara pribadi untuk melakukan konfigurasi teknologi, program, dan platform anda sendiri dalam rangka mengakses Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami. Penggunaan perangkat lunak anti-virus juga menjadi tanggungan Anda secara pribadi.
    2. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami ini dikarenakan oleh alasan, sebab, atau tujuan apapun. Anda diwajibkan mengikuti ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, dan tunduk kepada hukum yang berlaku dalam menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami.
    3. Setiap pelanggaran ketentuan ini merupakan tindak pidana di bawah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (ITE) beserta peraturan turunannya. Jika hal tersebut terjadi, Kami akan melaporkan pelanggaran kepada pihak penegak hukum yang berwenang dan akan diambil tindakan hukum yang tepat.
  19. SITUS PIHAK KETIGA
    1. Kami tidak memiliki wewenang, kuasa, tanggung jawab, dan kewajiban apapun terkait dengan tautan, atau situs pihak ketiga yang ada kalanya timbul atau muncul pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami.
    2. Anda tidak diizinkan (dan juga Anda tidak diizinkan membantu orang lain) untuk membuat link dari Situs Web Anda ke Situs Web kami (dengan cara apapun) tanpa persetujuan tertulis, yang kami bisa berikan atau tolak sesuai dengan kebijakan kami. Anda tidak diizinkan untuk membuat tautan langsung (Hot Link) terhadap konten atau gambar tanpa izin tertulis dari kami terlebih dulu.
  20. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
    1. Kami berupaya dan berkomitmen untuk tetap tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menyediakan informasi atau data pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami.
    2. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul atas kegagalan atau kelalaian Anda dalam memenuhi ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Umum, Kebijakan Privasi, maupun Perjanjian dan perjanjian terkait lainnya.
    3. Kami tidak bertanggung jawab atas hubungan hukum antara Penerima Dana dan Pemberi Dana dalam Perjanjian, termasuk namun tidak terbatas apabila timbul kerugian bagi Anda maupun pihak lain yang timbul akibat dari perjanjian tersebut.
    4. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari:
      1. Perubahan, modifikasi, penghapusan, penambahan, penghentian dari Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Konten, Layanan, dan/atau Perjanjian;
      2. Kegagalan kinerja sistem, jaringan, server, koneksi Kami yang menyebabkan tidak tersedianya Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami baik secara sengaja maupun tidak disengaja, ataupun akibat dari perbuatan pihak ketiga di luar kuasa Kami;
      3. Setiap Kerugian yang timbul akibat dari Keadaan Memaksa;
      4. Hilangnya keuntungan, peluang, atau data yang timbul dari penggunaan Anda atas Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, Konten, dan Layanan Kami;
      5. Ketidaklayakan, kurangnya, ketidaksempurnaan, kesesuaian, ketidakakuratan, kesalahan ketidaklengkapan dan kekeliruan dari Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami;
      6. Setiap pelanggaran atas pengesampingan Syarat dan Ketentuan Umum yang diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, instansi berwenang terkait, maupun putusan pengadilan; dan
      7. Tidak tersedianya akses dari dan untuk ke Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami, Konten, dikarenakan oleh alasan apapun.
  21. HAK PIHAK KETIGA
  22. Kecuali sebagaimana diatur secara tegas dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini atau Perjanjian antara Kami dengan Anda, pihak ketiga lainnya tidak memiliki hak berdasarkan setiap hukum yang berlaku untuk menuntut pelaksanaan setiap ketentuan Perjanjian ini.

  23. PERNYATAAN PEMBERIAN KUASA
  24. Dengan ini, Anda sepakat untuk memberikan kuasa dan wewenang kepada Kami disertai dengan hak subtitusi, untuk dan atas nama Anda, melakukan hal-hal sebagai berikut:

    1. Mengolah, menyerahkan, mengirimkan, menggunakan dan/atau memproses data kredit dan/atau data lainnya yang ada kepada pihak yang berhak dan berwenanang berdasarkan Syarat dan Ketentuan Umum, Perjanjian, dan/atau Peraturan Perundang-undangan, guna mendukung kegiatan transaksi, pemberian layanan, pengawasan dan/atau pelaporan.
    2. Mengurangi, membatasi, dan/atau menghentikan akses pada akun milik Anda pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini serta Layanan Kami apabila didapati pelanggaran yang dilakukan oleh Anda.
    3. Melakukan hal-hal yang diperbolehkan menurut hukum dalam hal pemberian Layanan kepada Anda, termasuk namun tidak terbatas dalam membuat, menandatangani, menyetujui ataupun menolak dokumen yang diperlukan atau dipersyaratkan.
    4. Membenarkan, mengakui, menyetujui perihal penggunaan tandatangan elektronik terhadap Syarat dan Ketentuan Umum, Perjanjian, dan perikatan-perikatan lain yang akan timbul dikemudian hari.
  25. KETERPISAHAN
    1. Jika di kemudian hari terdapat klausul dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini maupun dalam Perjanjian yang dinyatakan batal demi hukum atau dibatalkan, maka yang tidak berlaku hanyalah klausul yang dinyatakan batal demi hukum atau dibatalkan tersebut. Ketentuan lain yang tidak termasuk dalam klausul yang dibatalkan atau batal demi hukum tetaplah berlaku dan mengikat. Apabila ditemukan adanya pertentangan antara Syarat dan Ketentuan Umum, Kebijakan Privasi, Perjanjian, dan perjanjian terkait lannya, maka urutan dari pemberlakuan Perjanjian ialah sebagai berikut:
      1. Perjanjian;
      2. Syarat dan Ketentuan Umum; dan
      3. Perjanjian terkait lainnya
    2. Kegagalan Kami dalam melaksanakan atau menjalankan setiap hak atau ketentuan dari Syarat dan Ketentuan Umum ini bukan merupakan pengesampingan hak atau ketentuan tersebut, keadaan tersebut atau setiap keadaan lainnya.
  26. KESELURUHAN PERJANJIAN
  27. Syarat dan Ketentuan Umum, Kebijakan Privasi dan Perjanjian Pendanaan merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan Kami dan menggantikan setiap dan semua perjanjian sebelumnya dan kontemporer antara Anda. Setiap pengesampingan Syarat dan Ketentuan Umum akan efektif jika secara tertulis dan ditandatangani oleh penandatangan resmi oleh Kami secara elektronik tanpa memerlukan tanda tangan fisik. Anda mengakui bahwa, dalam memasuki Perjanjian ini, baik Anda maupun kami tidak mengandalkan representasi apapun, melakukan atau janji yang diberikan oleh yang lain atau tersirat dari kata-kata apapun atau tertulis antara Anda dan kami sebelum Perjanjian, kecuali secara tegas dinyatakan dalam Perjanjian.

  28. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB DAN GANTI KERUGIAN
    1. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul atas gagalnya pemenuhan atau kelalaian Anda untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Perjanjian Pendanaan antara Anda dengan pihak ketiga lainnya.
    2. Kami tidak bertanggung jawab atas hubungan hukum antara Penerima Dana dan Pemberi Dana dalam Perjanjian Pendanaan, termasuk namun tidak terbatas pada apabila terdapat kerugian Anda atau pihak ketiga lainnya yang timbul berdasarkan Perjanjian Pendanaan tersebut.
    3. Kami tidak bertanggung jawab apabila setelah aplikasi Penerima Dana kami terima namun ternyata di kemudian hari Penerima Dana gagal melaksanakan kewajibannya berdasarkan Perjanjian Pendanaan kepada Pemberi Dana.
    4. Anda sepakat untuk melepaskan, membebaskan dan mengganti kerugian Kami, afiliasinya, pemegang sahamnya, direktur, komisaris, karyawan, subkontraktor, pemasok, agen, dari dan atas segala bentuk tuntutan, gugatan, klaim, kerugian, ganti rugi, termasuk biaya konsultan hukum yang disebabkan oleh pelanggaran Syarat dan Ketentuan yang dilakukan oleh Anda.
  29. KETENTUAN PAJAK DAN BIAYA LAIN
  30. Pajak dan biaya-biaya lainnya yang timbul sehubungan dengan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini dan Layanan Kami menjadi tanggungan masing-masing pihak yang dibebani tanggungan Pajak maupun biaya-biaya lainnya.

  31. TANDA TANGAN ELEKTRONIK
  32. Dengan memahami dan menyetujui seluruh ketentuan dan kesepakatan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan maupun Perjanjian, Kami dan Anda menyepakati bahwa persetujuan tersebut merupakan bentuk dari Tanda Tangan Elektronik yang sah dan mengikat. Penggunaan kode OTP (one-time password) yang Kami kirimkan kepada Anda digunakan untuk kepentingan verifikasi atas persetujuan Anda untuk menyepakati Perjanjian yang ditandatangani dalam bentuk Tanda Tangan Elektronik. Pada saat anda memasukkan kode OTP (one-time password) yang kami kirimkan pada Aplikasi Danakini, maka secara langsung Anda setuju untuk menandatangani Perjanjian Pendanaan.

  33. PENGALIHAN
  34. Anda sepakat bahwa pengalihan atas kewajiban-kewajiban yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Pengalihan hanya dapat dilakukan dengan kesepakatan, persetujuan, dari Kami, dibuktikan dengan pembentukan Perjanjian baru yang nantinya akan dijadikan addendum dari keseluruhan Perjanjian.

  35. PENGAKHIRAN
    1. Anda setuju bahwa Kami sewaktu-waktu, setiap saat menurut kewenangan tunggal dan mutlak, dengan ataupun tanpa pemberitahuan, menunda, mengakhiri, menonaktifkan atau menutup akses Anda pada Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini atau Layanan Kami baik sebagian atau seluruhnya, sementara ataupun permanen, apabila terbukti bahwa Anda telah terjadi pelanggaran, kesalahan, atau kelalaian terkait dengan Perjanjian secara keseluruhan.
    2. Dalam hal Anda memilih untuk mengajukan penutupan/penghapusan Akun Anda, Anda wajib merujuk pada ketentuan penutupan/penghapusan Akun sebagai berikut:
      1. Anda wajib mengajukan permohonan penutupan/penghapusan Akun kepada Kami melalui Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini.
      2. Kami akan memproses penutupan/penghapusan Akun anda selama maksimal 1 X 24 jam sejak proses penutupan/penghapusan Akun telah disetujui.
      3. Kami akan menginformasikan kepada Anda jika proses penutupan/penghapusan Akun telah selesai melalui email.
    3. Penghapusan Akun hanya dapat disetujui ketika:
      1. Anda tidak memiliki pendanaan yang masih berjalan dan/atau belum lunas.
      2. Anda tidak memiliki pengajuan pendanaan dengan status “belum berhasil” minimal 90 hari sebelum Anda mengajukan penghapusan Akun.
      3. Seluruh pendanaan Anda wajib telah berstatus “lunas” minimal 90 hari sebelum Anda mengajukan penghapusan Akun.
    4. Pengakhiran sebagaimana dimaksud dalam Ketentuan ini tidak menghilangkan kewajiban Anda atas segala pembayaran ganti rugi yang wajib dibayarkan sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan Umum dan Kebijakan Privasi ini.
    5. Sehubungan dengan pengakhiran, Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
  36. KEADAAN MEMAKSA
    1. Tidak ada pihak yang harus bertanggung jawab atas setiap kegagalan pelaksanaan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Umum ini jika kegagalan tersebut diakibatkan oleh Peristiwa Keadaan Memaksa (didefinisikan di bawah), senantiasa dengan ketentuan bahwa bila memungkinkan, pihak yang terkena dampak akan melanjutkan pelaksanaan kewajiban tersebut segera setelah Peristiwa Keadaan Memaksa yang menyebabkan kegagalan tersebut berhenti atau mereda.
    2. Yang dimaksud dengan Keadaan Memaksa adalah kejadian-kejadian di luar kekuasaan dan di luar kemampuan yang wajar dari Kami yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan pemenuhan kewajiban di dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, yang antara lain meliputi bencana alam seperti gempa bumi, angin topan, banjir, letusan gunung berapi, epidemi, kebakaran, pemogokan massal, perang, huru-hara, revolusi, kekacauan yang disebabkan keadaan ekonomi, politik, sosial, pemberontakan, perubahan pemerintah secara inkonstitusional, perubahan peraturan perundang-undangan dan perubahan kebijakan Pemerintah di bidang ekonomi dan moneter yang secara langsung mempengaruhi Kami.
    3. Kami tidak dapat dipersalahkan bila terjadi keterlambatan pemenuhan kewajiban di dalam Perjanjian ini yang disebabkan oleh Keadaan Memaksa.
    4. Anda setuju untuk tidak menuntut hak apapun sehubungan dengan tidak dapat terlaksananya kewajiban Kami di dalam Perjanjian ini yang disebabkan oleh terjadinya Keadaan Memaksa.
  37. SANKSI PENYALAHGUNAAN
  38. Apabila terdapat penyalahgunaan situs maupun pelanggaran yang Anda lakukan terhadap Syarat dan Ketentuan Umum atau Perjanjian, maupun dokumen lain yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian. Kami dapat mengambil tindakan yang dianggap sesuai, termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. Peringatan yang ditujukan kepada Anda;
    2. Penarikan hak Anda dalam menggunakan Situs Web dan/atau Aplikasi Danakini, atau Layanan Kami baik sementara maupun permanen;
    3. Penghapusan posting atau materi Anda baik sementara maupun permanen;
    4. Proses Hukum terhadap Anda untuk penggantian kerugian yang disebabkan oleh pelanggaran Anda;
    5. Tuntutan hukum lebih lanjut kepada Anda; dan
    6. Jika Kami menganggap perlu dapat mengungkapan informasi terkait pelanggaran tersebut kepada pihak yang berwenang atau berwajib.
  39. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
    1. Segala penafsiran, pelaksanakan dan segala akibat yang ditimbulkan Syarat dan Ketentuan Umum, Kebijakan Privasi dan Perjanjian Pendanaan diatur dan tunduk kepada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
    2. Apabila terjadi perselisihan dalam pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Umum ini, termasuk Kebijakan Privasi dan Perjanjian Pendanaan, maka akan dilakukan penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat.
    3. Dalam hal penyelesaian perselisihan melalui musyawarah mufakat dirasa tidak memberikan hasil, maka disepakati untuk menyelesaikan perselisihan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Barat.
  40. HUBUNGI KAMI
  41. Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengujungi laman FAQ (Frequently Asked Question) atau dapat menghubungi Kami melalui layanan telepon 021 - 31151981 atau email support@danakini.co.id